Penulis : | Tanggal : |
Haronas Kutanto | February 01,2024 |
Banjarmasin, 01/02/2024. Direktorat Pengembangan Pitalebar DJPPI Kominfo, melaksanakan Uji Coba dan Launching Layanan Panggilan Darurat 112, dalam rangka untuk mempermudah masyarakat melaporkan kejadian darurat. Acara ini dilaksanakan di Aula Kayuh, Balaikota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Kegiatan ini dihadiri oleh PIC Layanan Panggilan Darurat 112 Kominfo Agung Setio Utomo, Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina, Kapolres Kombes Pol. Sabana Atmojo, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Kadis Kominfotik, Kepala Dinas terkait, dan PT Jasnita.
Kota Banjarmasin merupakan Pemda ke-125 yang telah menyelenggarakan Layanan Panggilan Darurat (Call Center) 112, layanan ini menjadi salah satu pendukung Smart City di Banjarmasin.
Agung Setio Utomo menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Banjarmasin yang telah menyelenggarakan Call Center 112 sebagai layanan darurat dan juga sebagai pusat informasi layanan lainnya yang dapat dinikmati masyarakat secara gratis, dan melayani selama 24 jam.
Walikota Banjarmasin mengatakan bahwa Call Center 112 ini merupakan layanan panggilan darurat satu nomer untuk semua Kota Banjarmasin yang terintegrasi langsung di Command Center Banjarmasin.
“Terima kasih banyak atas suport semua pihak, baik Kominfo RI, dan jajaran Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) lainnya. Kami berharap ini bisa mengurangi tingkat kedaruratan yang berakibat fatal bagi masyarakat,” ujarnya, Kamis (1/2/2024).
Kegiatan Launching atau Peresmian dilanjutkan dengan simulasi panggilan darurat 112 kota Banjarmasin oleh Walikota di halaman Kantor Walikota dan konferensi pers dengan media lokal.
Dengan adanya layanan ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam menanggulangi keadaan darurat, terutama terkait kebakaran atau penyelamatan lainnya.