Penulis : | Tanggal : |
Wylldy Fransisca | April 04,2024 |
Sumedang, 04/04/2024. Direktorat Pengembangan Pitalebar DJPPI Kominfo melaksanakan Uji Coba dan Launching Layanan Panggilan Darurat 112 Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini juga dilaksanakan bersamaan dengan acara implementasi Teknologi Kesehatan Berbasis Artificial Intelligence (TEH AI) Docquity di Pendopo PPS Kabupaten Sumedang.
Acara ini dihadiri oleh PIC Layanan Panggilan Darurat 112 Kominfo RI Agung Setio Utomo, Plh. Bupati Sumedang Tuti Ruswati, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Pimpinan Instansi Vertikal seperti Polres dan Kodim, Kepala OPD, Camat, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sumedang, serta perwakilan dari PT. Jasnita dan tamu undangan lainnya.
Dalam laporan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sumedang, disampaikan bahwa Pemkab Sumedang telah menghadirkan Call Center 112 dengan nama "Sumedang Siaga 112" sebagai upaya untuk memberikan respons cepat terhadap kejadian darurat dan mempercepat aliran informasi lintas OPD dan instansi Vertikal.
Kabupaten Sumedang menjadi Pemda ke-133 dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia yang telah mengimplementasikan layanan 112. Plh. Bupati Sumedang Tuti Ruswati menyampaikan bahwa layanan Sumedang Siaga 112 merupakan inovasi dari tim Ceu Epon (Cepat Respon) yang telah terintegrasi dengan berbagai layanan aduan masyarakat dan instansi terkait.
Perwakilan DJPPI Kominfo menyambut baik peresmian Sumedang Siaga 112, menyebut layanan ini sebagai sarana untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan kondisi darurat dengan satu nomor, yaitu 112, tanpa dipungut biaya.
Kegiatan peresmian juga melibatkan uji coba panggilan darurat oleh Bupati Sumedang dan berhasil tersambung, serta penandatanganan Pengukuhan Komitmen Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk Layanan Panggilan Darurat 112.
Simulasi kejadian situasi darurat dilakukan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan layanan ini kepada masyarakat Kabupaten Sumedang. Saat ini seluruh operator telekomunikasi sudah terhubung ke Nomor 112 Kabupaten Sumedang. Dengan adanya layanan ini, diharapkan dapat memberikan respons yang lebih baik terhadap kebutuhan masyarakat.