Penulis : | Tanggal : |
Annisa Putri | September 20,2023 |
Batam, 20/09/2023. Direktorat Pengembangan Pitalebar, Ditjen PPI Kominfo menggelar pelatihan (Training Of Trainer) terkait Sumber Daya Manusia (SDM) Layanan Panggilan Darurat 112. Acara ini dilaksanakan selama dua hari di Hotel Grand I Kota Batam.
Acara ini dihadiri oleh Ketua Tim Infrastruktur Keperluan Khusus Direktorat Pengembangan Pitalebar Kominfo (Ir. Harapan Takaryawan MT), Kepala Dinas Kominfo Kota Batam (Rudi Panjaitan SSTP, MSi), Kepala Dinas Kominfo Kota Depok (Drs. Manto, M.Si), Praktisi bidang SDM Call Center, 168 Solution, dan para peserta pelatihan layanan Call Center 112.
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM Layanan Panggilan Darurat 112 Pemerintah Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Call Center 112, oleh para supervisor dan call taker agent.
Harapan Takaryawan dalam paparannya menyebutkan bahwa terdapat 6 dasar hukum terkait penyelenggaraan Layanan Panggilan Darurat 112 yaitu;
1. Peraturan Menteri Kominfo Nomor 10 Tahun 2016, tentang Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat.
2. UU No. 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah.
3. Perda//Perwali/Perbup, tentang Regulasi di Pemerintah Daerah.
4. UU No. 36 Tahun 1999, tentang Telekomunikasi.
5. PM Kominfo No. 14 Tahun 2018, tentang Rencana Dasar Teknis Telekomunikasi Nasional.
6. Rencana Peraturan Presiden.
Terdapat jenis-jenis keadaan gawat darurat, diantaranya; Darurat Keamanan Dan Ketertiban (huru hara, tawuran, tindak kriminalitas), Darurat Medis (kebutuhan ambulance, kecelakaan, serangan jantung), Darurat Bencana (kebakaran, bencana alam, jembatan/ gedung runtuh, dll), dan Darurat Lainnya (keadaan darurat lain yang ditetapkan pemerintah daerah).
Rudi Panjaitan selaku Kepala Dinas Kominfo Batam menyambut baik kegiatan ini, dan mempersilakan para peserta pelatihan untuk mengunjungi Call Center 112 yang berada di Lantai 8 Kantor Walikota.
Dengan adanya pelatihan ini, DJPPI berharap para peserta dapat meningkatkan mutu dan membagikan pengetahuannya untuk melatih rekan-rekan operator di daerah masing-masing agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan maksimal.