Penulis : | Tanggal : |
Annisa Putri | August 07,2023 |
Padang, 07/08/2023. Direktorat Pengembangan Pitalebar DJPPI Kominfo, telah melakukan kegiatan uji coba dan launching penyelenggaraan layanan panggilan darurat 112, di kantor balai kota Padang.
Acara ini dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya Kementerian Kominfo (R. Wijaya Kusumawardhana, S.T, MMIB), Walikota Padang (Hendri Septa, B.Bus. (Acc), M.I.B), PT. Digital Sandi Informasi (Penyedia Aplikasi Call Center 112), serta Media Cetak & Elektronik sekitar Kota Padang.
Layanan 112 merupakan sebuah hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, karena sangat bermanfaat dan memberikan kemudahan bagi masyarakat terkait penanganan aksi bencana dan kejadian darurat yang akan dilakukan.
Peresmian call center 112 ini ditandai dengan menekan layar touchscreen bersama. Hendri Septa selaku walikota Padang menyampaikan bahwa dengan adanya peresmian Padang Command Center 112 (PCC 112) merupakan bentuk inovasi dalam rangka pelayanan, keselamatan, dan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Padang.
R. Wijaya Kusumawardhana dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap inovasi Padang Command Center 112 (PCC 112) guna memberikan pelayanan prima dalam mengatasi kejadian kegawatdauratan untuk masyarakat.
Setelah diterapkan, DJPPI akan melakukan monitoring dalam penyelenggaraan layanan 112 kota Padang, terutama dalam keterhubungan akses jaringan operator telekomunikasi, serta memberikan asistensi/pendampingan kepada pemerintah kota Padang dalam menyelenggarakan Layanan 112.
DJPPI menghimbau agar masyarakat dapat menggunakan layanan tersebut dengan bijak dan tidak menyebarkan berita hoax dalam pelaporan kejadian gawat darurat kepada petugas yang berwenang.